Pak Jokowi aja masuk Kehutanan, masa kamu nggak?

Sabtu, 23 September 2023 04:04 WIB

Hai sobat hijau!

Sudah taukah kamu bahwa presiden RI Joko Widodo adalah lulusan Kehutanan?. Terpikir tidak bahwa jika sosok orang nomor 1 di Indonesia saja memilih jurusan Kehutanan, bukankah Kehutanan adalah jurusan yang penting dan menarik?

Di Kehutanan, kamu tidak hanya bisa jadi “orang hutan”, yang hanya belajar pohon dan hutan, tapi bisa juga belajar tentang satwa, politik, ekonomi, dan teknologi. Bahkan, kamu juga bisa jadi “dokter pohon” lho!

Jokowi Tinjau Alternatif Ibu Kota Baru di Gunung Mas Kalteng - foto ...

Belajar apa di jurusan Kehutanan?

Penelitian mahasiswa di Pulau Sempu 

Jurusan Kehutanan UMM menyajikan beranekaragam ragam mata kuliah yang bisa mewadahi minat kamu mulai dari bidang ilmu pengetahuan, teknologi, bahkan sosial. 

Ada 4 bidang besar yang dikategorikan dalam pembagian topik perkuliahan, yaitu Konservasi Sumber Daya Hutan, Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, dan Budidaya Hutan (silvikultur). 

Di bidang Konservasi Sumber Daya Hutan, salah satu mata kuliah yang laris peminat adalah konservasi satwa liar. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang seluk beluk satwa liar di hutan Indonesia dan berinteraksi langsung dengan mereka. Kamu juga akan banyak berkegiatan di lapangan untuk menjelajah hutan, menyusuri sungai, dan naik bukit-bukit demi belajar tentang satwa liar dan habitatnya di alam.

“Dokter pohon” di Kehutanan

Di bidang Budidaya Hutan atau Silvikultur, kamu akan ditantang untuk belajar “membuat hutan” dan menjadi “dokter pohon”. Seperti namanya, kamu akan belajar mengapa dan bagaimana sebuah pohon tumbuh atau mati di suatu lingkungan tertentu. 

Menariknya, kamu akan tahu perilaku pohon yang bisa saja berbeda dengan pohon lainnya. Mata kuliah di bidang ini lebih bervariasi, terkadang di lapangan dan juga di dalam laboratorium, misalnya mata kuliah biologi dan fisiologi pohon yang mengajak mahasiswa bermain di hutan dan juga di dalam laboratorium. 

Politik dan manajemen di Kehutanan

Untuk kamu yang suka ilmu politik, manajemen, dan ekonomi, kamu juga bisa belajar tentang bidang ini di jurusan Kehutanan, utamanya bidang Manajemen Hutan.

Mata kuliah yang ditawarkan untuk mewakili bidang-bidang ini adalah Kebijakan hutan dan manajemen hutan. Jurusan Kehutanan UMM mewadahi riset-riset terkait perhutanan sosial, diantaranya riset tentang konflik kepentingan masyarakat sekitar hutan dan pengelola hutan di wilayah setempat.

Selain itu, banyak kasus Kehutanan di seluruh Indonesia yang penyelesaian kasusnya diperlukan ilmu politik dan manajemen yang komprehensif. Karenanya, bagi kamu yang berbakat menjadi diplomat dan pemerhati sosial-politik, cocok banget nih menjadi aktor di bidang Kehutanan.

Berbisnis dari jurusan Kehutanan

Kamu juga berkesempatan belajar bisnis di jurusan Kehutanan. Mata kuliah yang ditawarkan untuk mendukung minat ini misalnya hasil hutan bukan kayu dan teknologi hasil hutan.

Jurusan Kehutanan UMM memiliki program Center of Excellence (CoE) untuk Essential Oil, yang mengajak mahasiswa untuk berbisnis ekstraksi minyak dengan bekerja sama dengan mitra. Program ini banyak diminati karena mahasiswa diajarkan berbisnis dari hulu sampai hilir oleh ahlinya. 

Nah, gimana nih sobat hijau? Apa sudah ada gambaran tentang kuliah di jurusan Kehutanan? Tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan serunya kuliah sambil main dan healing bersama keluarga jurusan Kehutanan Universitas Muhammadiyah Malang!

Shared: