Akademik (Kurikulum dan Matakuliah)

Kurikulum KPT merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi (pasal 35 ayat 1 UU No. 12 Tahun 2012). Berdasarkan penjelasan tersebut maka Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi (Pasal 1 butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa). Pada ayat 2 ditegaskan bahwa KPT dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi dengan mengacu kepada Standart Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) untuk setiap program studi yang mencakup pengembangan keceerdasan intelektual, akhlak mulia dan ketrampilan. Penyusunan Kurukulum disesuaikan dengan standar KKNI dan  merujuk SN Dikti dan Permenristek nomor 44 tahun 2015, merujuk pada panduan penyusunan kurikulum dikti tahun 2016, dengan langkah utama : (1) penentuan Profil Lulusan, (2) Penentuan capaian Pembelajaran (3) Penentuan Bahan Kajian  yang akan dikembangkan dan dibutuhkan bagi masyarakat atau pemangku kepentingan pada masa yang akan datang, (4) Penentuan Mata Kuliah dan  besarnya SKS berdasarkan kedalaman dan keluasan, dan strategi pembelajaran yang digunakan. Penetapan kedalaman, kerincian, keluasan bahan kajian.
Rekonstruksi kurikulum dilakukan dalam rangka pemenuhan terhadap capaian lulusan program studi yang kompeten sesuai dengan kebutuhan stakeholder diantaranya adalah: mahasiswa, dosen, asosiasi program studi, dunia usaha dan dunia industri, institusi baik swasta maupun pemerintah. Disamping itu juga didasarkan pada tuntutan era industri yang berkembang seperti era industri 4.0 dan 5.0. pada tahun 2021 penyusunan kurikulum berbasih OBE. System pendidikan di perguruan tinggi berbeda dengan tinggatan sebelumnya. Kemandirian mahasiswa mulai dari pembelajaran, mencari sebuat permasalahan, teoritis dan lainnya lebih digali di lingkup perguruan tinggi. Kultur seperti ini bisanya mulai dikembangkan di semester 1 dan 2 di mana mahasiswa di awal semester menerima kuliah dasar untuk penyesuaian kultur sebelumnya untuk menuju kultur baru di perguruan tinggi. Hal ini memang bisa terlihat perbedaan pemikiran mahasiswa di saat semester 1-2 dengan mahasiswa semester 4-8. Perbedaan ini sudah diselesaikan dengan penyesuaian baru di semester 1-2. Kultur ini wajib ditanamakan kepada mahasiswa untuk membentuk mental, pemikiran kritis, pemahaman teoritis untuk melangkah pada dunia nyata yaitu dunia kerja, social di tengah masyarakat dan pemecahan masalah.
 

SEMESTER I
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total
1 120320044 Al-Islam dan Kemuhammadiyahan I 1     1
2 110320189 Bahasa Indonesia 2     2
3 110321859 Kewarganegaraan 2     2
4 210320251 Biologi 2 1   3
5 210320638 Fisika 2     2
6 210321168 Kimia 2 1   3
7 210321482 Matematika 3     3
8 210321933 Ilmu Kehutanan Dasar 2     2
9 210324974 Bahasa Inggris I 2     2
Total SKS Semester I       20  
SEMESTER II
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total

1

120320045 Al-Islam dan Kemuhammadiyahan II 1     1
2 110324975 Bahasa Inggris II 2     2
3 210320141 Aplikom 1 1   2
4 210320367 Dendrologi 2 1   3
5 210324724 Geomatika dan Sistem Informasi Geografis Kehutanan 2 1   3
6 210320943 Ilmu Tanah Hutan 2 1   3
7 210321195 Klimatologi 2 1   3
8 210324725 Manajemen Satwa Liar 2 1   3
Total SKS Semester II       20
SEMESTER III
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total
1 210320680 Genetika Hutan 2     2  
2 210322607 Silvika 2 1   3  
3 210320407 Ekologi Hutan 2 1   3  
4 210320467 Ekonomi Sumber Daya Hutan 2     2  
5 210321151 Kesuburan dan Pemupukan Tanah 2 1   3  
6 210322177 Perlindungan Hutan 2 1   3  
7 210324727 Perhutanan Sosial 2     2  
8 210324726 Sifat Dasar Kayu 2 1   3  
Total SKS Semester III       21  
SEMESTER IV
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total
1 210322608 Silvikultur 2 1   3  
2 210324693 Agropreneurship 2 1   3  
3 210324729 Perencanaan Hutan 2 1   3  
4 510320666 Fisiologi Pohon 2 1   3  
5 510321573 Metodologi Penelitian Ilmiah 3     3  
6 110320101 analisis Mengenai Dampak Lingkungan 2     2  
7 210324728 Statistik Kehutanan 3     3  
Total SKS Semester IV       20  
SEMESTER V
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total
1 110320046 Al-Islam dan Kemuhammadiyahan III 1     1  
2 210320011 Agroforestri 2     2  
3 210321053 Kebijakan Hutan 2     2  
4 210321765 Pemanenan Hutan 2 1   3  
5 210323776 Ekowisata 2 1   3  
6 210324731 Konservasi Sumber Daya Hutan 2 1   3  
7 210322609 Silvikultur Hutan Tanaman 3 1   3  
8 210320970 Inventarisasi Hutan 2 1   3  
Total SKS Semester V       20  
SEMESTER VI
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total
1 110320047 Al-Islam dan Kemuhammadiyahan IV 1     1  
2 210320271 Bioteknologi Hutan 2 1   3  
3 210321332 Manajemen Hutan 3     3  
4 210321642 Mikrobiologi Hutan 2 1   3  
5 210322483 Desain eksperimental 3     3  
6 210323779 Pengelolaan Daerah Aliran Sungai 2     2  
7 320322610 Silvikultur Hutan Alam 3 1   3  
8 320321838 Pemuliaan Pohon 2     2  
Total SKS Semester VI       20  
SEMESTER VII
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total
1 210324734 Praktek Kehutanan Umum     4 4  
2 410321303 Magang     6 6  
3 510321260 kuliah Kerja Nyata     4 4  
4 210324732 Pengolahan Hasil Hutan 2     2  
5 320324733 Penelitian dan Pengelolaan Satwa Liar 2 1   3  
6   Perhutanan Kota 2     2  
Total SKS Semester VII       21  
SEMESTER VIII
No Kode Matakuliah Matakuliah SKS Modul
Teori Praktek Praktek Lapangan Total
1 510322666 Skripsi     6 6  
Total SKS Semester VIII       6  
               

 

Shared: