Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang
Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil

 

JURUSAN KEHUTANAN
 

Program Studi Kehutanan mulai berdiri pada tahun akademik 1999/2000 di bawah departemen/program studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang sesuai surat keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 445/DIKTI/kep/1998. Sejak tanggal 30 Januari 2004 program studi Kehutanan telah terakreditasi dengan peringkat C sesuai surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 003/BAN-PT/Ak-VII/S1/I/2004. Pada tahun 2012 program studi Kehutanan peringkat akreditasinya meningkat menjadi B sesuai surat keputusan BAN-PT nomor 020/BAN-PT/Ak-XV/ SV VII/ 2012.

Sesuai dengan visi dan misi serta tugas pokok dan fungsinya program studi Kehutanan telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Program studi Kehutanan tidak menyelenggarakan kelas jauh dan menyerahkan laporan EPSBED ke Dikti setiap semester.

 

Program studi kehutanan telah meluluskan mahasiswa sebanyak  315 alumni yang tersebar di berbagai daerah. Sebagian besar alumni telah terserap sebagai karyawan PNS, pegawai BUMN/BUMS dan berwiraswasta di bidang kehutanan.


PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI KEHUTANAN

Saat ini program studi Kehutanan FP-UMM berusaha memanfaatkan jaringan Internet dengan lebar bandwidht 2 Mbps, yang sejak 2006 lalu melalui PHK Inherent K1, UMM telah terhubung dengan jaringan Inherent melalui local node Universitas Brawijaya. Dengan infrastruktur yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Malang, program studi Kehutanan FP-UMM pada tahun 2008 telah mengembangkan system pembelajaran berbasis TIK melalui program inherent K1.

 


PENGEMBANGAN BIDANG MANAJERIAL PROGRAM

Prinsip pengelolaan program studi Kehutanan menganut pada konsep pelayanan prima yaitu cepat, sderhana, mudah dan real time, namun tidak mengurangi prinsip-prinsip ketelitian/akurasi dan profesionalitas. Program studi Kehutanan telah mengembangkan layanan tersebut dengan menerapkan input database yang berbasis Microsoft acces antara lain:

 


· Pengelolaan system administrasi akademik
· Pengelolaan system administrasi surat menyurat
· Pengelolaan system database kemahasiswaan dan alumni

Adanya model pelayanan tersebut maka kinerja program studi akan semakin meningkat dan dapat membantu pelayanan baik terhadap dosen, mahasiswa maupun keluarga/orang tua mahasiswa untuk dapat mengetahui informasi yang diperlukan dengan layanan yang prima, bersahabat dan memuaskan.

1. PENGEMBANGAN MANAJEMEN TUGAS AKHIR MAHASISWA

Tugas akhir mahasiswa merupakan tugas akademik yang sangat penting untuk dilakukan dan dilaksanakan oleh mahasiswa pada semester akhir. Tugas-tugas tersebut meliputi penelitian skripsi, Praktek Kerja Lapang maupun Seminar. Pengelolaan tugas akhir mahasiswa sangat dibutuhkan untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di program studi Kehutanan FP UMM. Manajemen Tugas Akhir secara online diharapkan dapat memfasilitasi kepentingan mahasiswa terhadap kebutuhan informasi hasil-hasil penelitian maupun topik-topik tugas akhir yang tersedia secara online. Sistem yang online juga mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi sumber belajar yang terkait dengan tugas-tugas akhirnya, komunikasi secara online dengan Dosen Pembimbing, proses konsultasi pembimbingan secara online dan komunikasi online sesama mahasiswa baik internal program studi maupun dari perguruan tinggi lain.

Program tersebut bertujuan untuk menyediakan piranti berbasis Web untuk pengelolaan Tugas Akhir Mahasiswa secara online. Diharapkan pengembangan piranti ini dapat memiliki efek bola salju yang strategis dalam peningkatan local content Inherent. Semakin banyak lembaga yang terlibat dalam pemanfaatan piranti ini maka informasi sumber belajar yang terkait tugas-tugas akhir mahasiswa akan semakin banyak, mudah, dan cepat. Target Pengguna adalah Program studi Kehutanan FP UMM, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang, Perguruan Tinggi lain, Lembaga Penelitian di Peguruan Tinggi. Ditjen Dikti, dan lainnya.

 

 
2. PROGRAM PEMBERDAYAAN PROGRAM STUDI 

Dalam rangka pengembangan program studi ke depan, Program studi Kehutanan telah mengembangkan program-program yang berbasis income generating activity (IGA), yaitu pendirian badan usaha yang bernama CV. BUDIDAYA HUTAN FP UMM yang bergerak di bidang konsultansi kehutanan. Pendirian badan usaha ini bermaksud untuk menggalang kerjasama dengan stakeholders yang sesuai dengan bidang keilmuan program studi Kehutanan. Adapaun tujuannya adalah untuk memberikan alternative income pada program studi, pengembangan program studi secara professional, meningkatkan peran serta civitas akademika dalam kegiatan-kegiatan program studi. Keberadaan badan usaha tersebut berdampak terhadap aktifitas dosen di program studi Kehutanan terutama kegiatan yang bersifat professional keahlian semakin berkembang, sehingga akan meningkatkan kapasitas akademik baik terhadap dosen sendiri maupun terhadap kinerja program studi. Kaitannya dengan proses belajar mengajar aktivitas dosen yang berkaitan dengan badan usaha ini akan dapat dijadikan sebagai bahan ajar pada psoses belajar mengajar. Bagi mahasiswa keterlibatan mereka sangat penting karena mahasiswa pengetahuan lapangnya semakin bertambah dan secara professional mahasiswa akan terlatih menghadapi permasalahan-permasalahan di lapang serta mampu memecahkan permasalahan di lapang. Pada akhirnya aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan program income generating activity ini akan memberikan motivasi kepada civitas akademika di program studi Kehutanan baik dosen, mahasiswa dan karyawan untuk berkreasi, berkarya dan berinovasi dalam mengejar prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

 


PENGEMBANGAN JARINGAN KEMITRAAN

Program studi Kehutanan telah mengembangkan jaringan kemitraan dengan perguruan tinggi lain, instansi/lembaga pemerintahan di bidang kehutanan, LSM dan BUMN/BUMS. Pengembangan jaringan kemitraan ini meliputi:

1. Kerjasama dibidang pendidikan dan penelitian

Kerjasama ini dimaksudkan untuk mendukung program-program akademik baik kegiatan pembelajaran maupun penelitian dosen dan mahasiswa. Program ini telah di laksanakan dengan berkerjasama dengan instansi/lembaga : Perhutani unti II, Dinas kehutanan Kabupaten Malang, Depatemen Kehutanan, Perguruan tinggi UGM, pusat pengembangan dan penelitian SDH cepu, Taman Nasional Bromo tengger Semeru, LSM, PT PLN.

 


2. Kerjasama dibidang pengabdian kepada masyarakat
 

Kerjasama ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan hasil-hasil inovasi teknologi dan penelitian yang telah dikembangkan program studi kehutanan kepada masyarakat. Adapun tujuannya adalah dalam kerangka pengembangan institusional dengan menjalin kerjasama dengan stakeholders secara kemitraan. Program in telah dilaksanakan kerjasama dengan instansi/lembaga sebagai berikut: Dinas kehutanan kabupaten Malang, Dinas kehutanan, propinsi Jawa Timur, Perhutani KPH Malang, LSM Paramitra, PT Pembangkitan Jawa-Bali, Pemerintah Daerah Kab.Malang, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hasil dari kerjasama ini berdampak terhadap peningkatan kinerja program studi terutama dalam hal pengakuan dan kepercayaan pihak luar terhadap program studi Kehutanan, peningkatan kapasitas akademik dan pada akhirnya pencitraan program studi semakin meningkat.



Pengembangan Inovasi Pembelajaran
 

 

Program studi Kehutanan dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran telah mengembangkan proses belajar mengajar berbasis multimedia yang terhubung secara online. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi informasi secara global yang menjadi tuntutan global kedepan. Untuk memenuhi tuntutan ini program studi Kehutanan mengembangkan teknologi pembelajaran online yang bertujuan:

  • Mengembangkan dan menyajikan matakuliah online yang bersifat terbuka (Open-Course) yang diperkaya dengan berbagai sumberdaya digital (multimedia). Diharapkan dengan tersedianya matakuliah-matakuliah Open Course ini dapat memperkaya local content dan meningkatkan kualitas belajar mengajar antar perguruan tinggi.
  • Selain itu, program pengembangan konten pembelajaran ini dimaksudkan untuk merangsang seluruh dosen berinovasi dalam upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan minat dosen menggunakan kemajuan TIK (Teknologi informasi dan komunikasi)sebagai media pembelajaran.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran online di UMM melalui eLMU (e-learning Muhammadiyah University)
     

 



Shared: