Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang
Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang

PENGENALAN STRUKTUR TEGAKAN HUTAN ALAM

Author : Administrator | Senin, 24 Desember 2012 09:57 WIB

Dalam rangka mengenalkan lingkungan hutan alam, Mahasiswa Kehutanan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang, mengadakan Praktek Lapangan yang merupakan kegiatan dari Mata Kuliah Silvika. Kegiatan dengan materi Pengenalan Beberapa Struktur Tajuk Tegakan Hutan Alam, merupakan praktikum rutin yang dilakukan untuk mendekatkan mahasiswa dan lingkungan alam dengan tujuan agar mahasiswa mengetahui berbagai struktur tegakan hutan alam, terkait tinggi dan diameter pohon hutan dengan di damping oleh instruktur, asisten laboratorium, dan dosen pengampu matakuliah Silvika.

Kegiatan ini dilakukan hutan cangar (Batu) dan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kondisi hutan yang saat ini lahannya mulai berkurang sedikit demi sedikit akibat penebangan dan perluasan lahan pemukiman.“ kegiatan ini sangat menunjang pengetahuan saya sebagai mahasiswa kehutanan. Karena saya dapat terjun langsung ke alam dan mengaplikasikan teori yang didapat dalam kelas.“ ungkap salah satu mahasiwa Kehutanan yang juga turut serta dalam kegiatan praktikum.

Sebelum melakukan praktikum ada beberapa langkah kerja yang harus dilakukan, yaitu terlebih dahulu di bentuk beberapa kelompok pengamat lapangan, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan lokasi yang akan di amati, penentuan luas area pengamatan untuk setiap kelompok, baru kemudian melakukan pengamatan. Dalam pengamatan, setiap kelompok di haruskan melakukan beberapa tahapan kerja yang diawali dengan pengukuran ketinggian area penelitian, pengukuran tinggi dan diameter pohon, kemudian menggambar lapisan tajuk (jenjang/lapisan) pohon hutan. Setelah melakukan beberapa tahapan-tahapan kerja tersebut, maka mahasiswa dapat mengetahui berbagai tingkatan tajuk pertumbuhan tegakkan pada pohon hutan, dan di harapkan mahasiswa mampu merencanakan tindakan apa yang harus dilakukan sesuai dengan kondisi lingkungan.(jhs)


 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image