Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang
Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Jurusan Kehutanan Persiapkan 50 Mahasiswa untuk Lakukan PKL

Author : Administrator | Jum'at, 15 Januari 2016 09:47 WIB
Fokus- sejumlah mahasiswa nampak serius dan fokus mendengarkan arahan dari dosen, dalam rangka pembekalan PKL. foto by: itang.

Malang- Puluhan mahasiswa Jurusan Kehutanan ikuti pembekalan Praktek Kerja Lapang  (PKL) dalam rangka persiapan keberangkatan peserta PKL kamis (14/1) siang bertempat di ruang 502 Gedung Kuliah Bersama (GKB) I kampus III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dalam pembekalan ini, mahasiswa yang rata-rata merupakan angkatan 2013 diberi pengarahan oleh dosen dari Jurusan Kehutanan. Materi ini sendiri di isi oleh empat dosen yaitu Amir Syarifuddin, Joko Triwanto, Zulharman, dan Nirmala.
 
Masing-masing dosen tersebut memberikan pengarahan terkait masalah PKL mulai dari administrasi pra dan pasca PKL, arahan terkait pembuatan proposal penelitian, masalah terkait keadaan dilapangan, dan juga memberi wejangan akan sikap dan attitude mahasiswa agar menjaga nama baik civitas akademi perguruan tinggi nya.
 
Amir Syarifuddin salah satu pemateri menyampaikan “ saat melakukan PKL, harus mengikuti peraturan yang ada di perusahaan tersebut, jangan sampai kita melanggar peraturan, harus disiplin, dan juga carilah ilmu sebanyak-banyaknya” ungkap Amir.
 
Selain itu juga mahasiswa diberi motivasi agar semangat dalam melaksanakan PKL, salah satunya dengan cara mempermudah mahasiswa untuk tidak menunda melakukan pembuatan laporan.
 
Joko Triwanto menambahkan “ silakan kalian sambil PKL menyicil laporan, agar nantinya tidak tergesa-gesa saat pengerjaannya, sekarang kalian bisa memanfaatkan teknologi, saya menerima Email yang kalian kirimkan terkait dengan laporan, dan akan segera saya periksa secepatnya lalu akan saya kirimkan kembali proposal tersebut ke email anda, silakan manfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya” ujar Joko.
 
PKL tahun ini akan dilaksanakan sekitar satu bulan, dan peserta PKL akan mulai dilepas secara resmi oleh Jurusan Kehutanan pada tanggal 20 Januari 2016. Tahun ini peserta PKL terdiri dari 50 mahasiswa yang akan tersebar ke  berbagai daerah di Pulau Jawa. Dan tempat terjauh untuk  PKL tahun ini adalah di Kota  Bogor Jawa barat.
 
Peserta PKL tahun ini selain untuk menambah ilmu  juga untuk memenuhi salah satu mata Kuliah wajib. Bobot PKL adalah 3 SKS. Dan kelulusan PKL merupakan syarat wajib untuk menempuh Tugas Akhir dan Praktek Umum (PU).

Jurusan Kehutanan juga nantinya tidak akan melepas begitu saja mahasiswanya, tapi akan selalu di monitoring dan juga akan di kunjungi langsung ketempat PKL peserta untuk meninjau kegiatan mereka selama melakukan PKL. (itg)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image