Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang
Kehutanan
Universitas Muhammadiyah Malang

DALAMI MATAKULIAH LEWAT PRAKTIKUM LAPANG

Author : Administrator | Senin, 24 Desember 2012 10:32 WIB

 

Perkuliahan tidak selalu di lakukan di dalam kelas dengan suasana yang membosankan. Namun perkuliahan dapat di lakukan di luar ruang kelas bahkan di luar lingkungan kampus. Salah satunya yaitu perkuliahan di jurusan kehutanan Universitas Muhammadyah Malang ini. Mata kuliah praktikum yang di laksanakan di lapangan telah di jalani oleh jurusan kehutanan khususnya angkatan 2010 dan di ikuti sebanyak 21 mahasiswa beserta 3 pendamping dari pihak laboratorium kehutanan UMM yaitu Harti Suhaimi, Nur Ahmad, dan WiwinWulandari.

Pada awal bulan novermber hingga awal desember lalu, mereka memiliki kegiatan praktikum di dua lokasi yang berbeda. Yang pertama praktikum dilakukan pada tanggal 1 november 2012 di Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Sengguruh Malang. Praktikum mengenai Inventarisasi Hutan ini ialah pengukuran pohon di hutan jati.  Selintas memang terlihat sangat sederhana namun mereka harus benar-benar jeli dalam pengukuran ini. Dalam kegiatan ini, mereka hanyalah mengambil data yang selanjutnya data tersebut akan di olah di laboratorium kehutanan UMM. 

Wiwin Wulandari selaku pendamping dari pihak labotatorium menuturkan bahwa praktikum kedua mengenai Silvikultur Hutan Tanaman di laksanakan pada tanggal 28 november hingga 1 desember 2012 di Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Jember. Beliau pun menjelaskan bahwa keberangkatan mereka kesana bukanlah sekedar praktikum semata. Namun mereka mendapatkan ilmu lebih mengenai persemaian dan pemeliharaan.

  Tiga hari bukanlah waktu yang singkat selama mereka tinggal di disana. Bebagai kunjungan pun dilakukan seperti kunjungan ke Tempat Penimbunan Kayu (TPK), Seedling Seed Orchad (SSO), dan Pengolahan Gondorukem dan Terpantin (PGT). Penyadapan getah pinus pun di praktekkan secara langsung oleh para mahasiswa yang sebelumnya telah mendapatkan materi dari pihak pemateri. Nugroho salah satu mahasiswa yang ikut dalam praktikum ini mengatakan bahwa praktikum semacam ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu dan hutan di Indonesia masih sangat luas yang wajib di kunjungi untuk dipelajari.(jhs)

 

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image